RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
001
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Gabus
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Materi
Pokok Tema : Konektivitas antar-ruang dan waktu
Waktu : 2 x 40 menit
A. KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran, dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antar
ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan
kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
4.1 Menyajikan
hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia(ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
B. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mendeskripsikan
pengertian waktu dan pemanfaatan waktu bagi kehidupan manusia dengan penuh rasa
syukur kepada Tuhan YME
2. Menjelaskan
konektivitas antar ruang dan waktu dengan wujud interaksi sosial , yang
ditunjukkan dengan perilaku santun, toleran, dan peduli dengan lingkungan dan
teman sebaya
3. Menjelaskan
aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik)
4. Menyajikan
hasil telaah aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan
politik)
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
mampu menjelaskan pengertian waktu dan pemanfaatannya bagi kehidupan manusia
dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan YME
2. Melalui
diskusi konektivitas antar ruang dan waktu dengan wujud interaksi sosial ,siswa
mampu menunjukkan perilaku santun,
toleran, dan peduli dengan lingkungan dan teman sebaya
3. Siswa
mampu menjelaskan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
4. Siswa
mampu menyajikan hasil telaah aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia(ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik)
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Konektivitas
antar ruang dan waktu
Suatu peristiwa tidak dapat dilepaskan dengan peristiwa sebelum dan
sesudah peristiwa itu terjadi artinya ada sebab dan akibatnya. Dalam sejarah ,
konsep waktu sangat penting untuk mengetahui masa lalu dan perkembangannya
hingga saat ini. Waktu dapat dibagi menjadi 3 yaitu : masa lampau (waktu yang
telah lewat), waktu sekarang ( batas antara tadi dan saat ini) dan waktu yang
akan datang (waktu yang akan dilalui atau besok).Suatu peristiwa selalu
berhubungan dengan waktu sehingga ditemukan bukti, fakta dan sumber sejarah
yang menjadi acuan untuk mengungkap kejadian/peristiwa.
Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun
hanya sebagian. Ruang sangat luas dan dapat meliputi apa saja. Tetapi ruang ada
batasnya yaitu tempat dan unsur-unsur lain yang mempengaruhi kehidupan di
permukaan bumi. Walaupun demikian antara ruang yang satu dengan yang lain
memiliki keterkaitan (konektivitivitas).Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari
contoh-contoh bencana alam.
2. Keterkaitan
antara ruang dan waktu dari berbagai aspek
Ruang adalah tempat yang digunakan manusia sebagai tempat tinggal dan
tempat melakukan interaksi dengan manusia lainnya, sehingga terjadilah
interaksi sosial. Interaksi sosial terjadi karena adanya kebutuhan hidup yang
harus dipenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan hidup inilah manusia mengembangkan
teknologi, nilai, norma, organisasi sosial -budaya-politik, ilmu pengetahuan
dan berbagai lapangan kerja(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
Melalui kemampuan tersebut, manusia melakukan perubahan baik terhadap alam
maupun lingkungan tempat tinggal mereka.Tetapi tidak semua alam atau lingkungan
fisik mampu memenuhi kebutuhan manusia di suatu lingkungan atau terjadi
keterbatasan sumber daya alam . Keterbatasan sumber daya ini dalam ekonomi
dikenal dengan istilah kelangkaan.
Tidak terpenuhinya kebutuhan manusia memunculkan masalah ekonomi yaitu
adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemenuhan kebutuhan
yang berupa barang dan jasa sangat terbatas. Maka manusia harus berinteraksi
antara satu dengan yang lain dan antara
suatu wilayah dengan wilayah lain. Untuk memenuhi kebutuhan barang yang belum
mampu dihasilkan sendiri manusia melakukan barter. Dari barter inilah nanti
berkembang menjadi pasar dan perdagangan.
E. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Diskusi dengan Teknik
STAD dan Penugasan
3.
Model Pembelajaran : Project Based Learning /Problem Based Learning Discovery Learning
F. MEDIA
PEMBELAJARAN
Gambar bencana alam, gambar
pemukiman, peta kabupaten Pati, Google map, papan tulis
G. SUMBER
BELAJAR
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Ilmu Pengetahuan Sosial hal. 1-6, Jakarta : Politehnik Negeri Media Kreatif
2. Geografi
kl 7
3. Tim
abdi Guru, 2007, IPS Terpadu halaman ........., Jakarta : Erlangga
H. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pertemuan 1
Pendahuluan
|
a. Berdoa,
absensi kehadiran siswa (religius dan disiplin)
b. Motivasi
(mengungkapkan manfaat mempelajari topik dalam kehidupan)
c. Apersepsi
(Mengkaitkan topik yang akan dipelajari dengan topik sebelumnya
d. Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran (rasa ingin tahu)
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa
menggali konsep waktu dan
pemanfaatannya bagi kehidupan manusia melalui tanya jawab
2. Siswa
mengamati gambar yang disajikan guru
(contoh gambar bencana alam)
3. Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok masing-masing beranggotakan 4 s.d 6 siswa
4. Pelaksanaan
STAD
a. Penugasan
menggunakan buku pegangan siswa dan berbagai sumber untuk dikerjakan dalam
masing-masing dengan pembagian:
-
Kelompok 1(kerjasama) mengamati bencana
banjir
-
Kelompok 2(kerjasama)mengamati bencana G.
Api
-
Kelompok 3(kerjasama)mengamati tanah longsor
-
Kelompok 4(kerjasama)Mengamati tsunami
b. Pelaksanaan
diskusi kelompok
c. Pelaksanaan
unjuk kerja presentasi, masing-masing
kelompok yang presentasi ditanggapi oleh kelompok yang lain (santun,
toleran dan peduli)
d. Pelaksanaan
konfirmasi dilaksanakan dengan umpan balik berdasarkan hasil presentasi
|
5 menit
5 menit
20 menit
20 menit
|
Penutup
|
a. Membuat
kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu yang dilakukan siswa dengan bimbingan
guru
b. Tes
lisan
c. Melakukan
refleksi atau menggali feedback dari siswa
d. Menugaskan
peserta didik mengumpulkan hasil kajian tentang peristiwa bencana alam pada pertemuan
berikutnya (PR) (tanggungjawab)
e. Menutup
pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius)
|
10 menit
|
Pertemuan 2
Pendahuluan
|
a. Berdoa,
absensi kehadiran siswa (religius dan disiplin)
b. Motivasi
(mengungkapkan manfaat mempelajari topik dalam kehidupan)
c. Apersepsi
(Mengkaitkan topik yang akan dipelajari dengan topik sebelumnya
d. Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran (rasa ingin tahu)
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa
mengamati gambar alat komunikasi,
gambar upacara panen, barter.
2. Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok masing-masing beranggotakan 8 s.d 10 siswa
3. Pelaksanaan
STAD
a. Penugasan
menggunakan buku pegangan siswa dan berbagai sumber untuk dikerjakan dalam
masing-masing dengan pembagian:
-
Kelompok 1 siswa mendiskusikan alat- alat tradisional
dan menjelaskan fungsi alat dan tujuannya (kerjasama)
-
Kelompok 2 Siswa mendiskusikan fungsi, tujuan,
arti dari norma dan nilai sosial yang ada di masyarakat(kerjasama)
-
Kelompok 3 Siswa mendiskusikan macam-macam
kebutuhan manusia dan penggolongannya (kerjasama)
-
Kelompok 4 siswa mendiskusikan jenis-jenis
interaksi sosial yang berkembang dalam masyarakat (kerjasama)
b. Pelaksanaan
diskusi kelompok
e. Pelaksanaan
unjuk kerja presentasi, masing-masing
kelompok yang presenta -si ditanggapi oleh kelompok yang lain (santun, toleran dan peduli)
c. Pelaksanaan
konfirmasi dilaksanakan dengan umpan balik berdasarkan hasil presentasi
|
5 menit
5 menit
20 menit
20 menit
|
Penutup
|
a. Membuat
kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru
b. Tes
lisan
c. Melakukan
refleksi atau menggali feedback dari siswa
d. Menugaskan
peserta didik mengumpulkan laporan hasil diskusi pada pertemuan berikutnya
(PR) (tanggungjawab)
e. Menutup
pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius)
|
10 menit
|
I.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Tes
tertulis
2. Unjuk
kerja
3. Tugas
individu
Mengetahui, Pati,
17 Juli 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran IPS
Budi Kuntjoro,S.Pd Dwiyanto,
S.Pd
NIP. 196011181983031005 NIP.
197005062006041001
Lampiran-lampiran
Lembar
Kegiatan Siswa
Pertemuan pertama
LKS 1 Konektivitas antar ruang
dan waktu
Bacalah buku siswa hal 1-5
tentang Konektivitas antar ruang dan waktu diskusikanlah dengan kelompok kalian
tentang macam-macam bencana alam. Dari pengamatan gambar bencana ,deskripsikan konektivitas
antar ruang dan waktu.
Gambar
|
Aspek pengamatan dan kerja sama
|
Aspek penjelasan dan presentasi
|
Aspek konektivitas ruang dan waktu
|
1. Bencana
Banjir
|
|
|
|
2. Bencana
letusan Gunung berapi
|
|
|
|
3. Tsunami
|
|
|
|
LKS 2
Masalah
|
Konektivitas ruang dan waktu
|
Kerjasama
|
Proses pembuatan laporan
|
Cara presentasi
|
1. Alat-
alat tradisional
|
|
|
|
|
2. Macam-macam
norma dan nilai sosial
|
|
|
|
|
3. Macam-macam
kebutuhan hidup dan penggolongannya
|
|
|
|
|
4. Macam-macam
interaksi sosial
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian diskusi
1. Tema :Konektivitas ruang dan waktu
2. Kelompok :
3. Kelas
semester: VII G / semester gasal
Pertemuan : ke-1 dan ke-2
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan
penilaian Anda !
No
|
Kategori
|
|
|||
Baik sekali
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
A.
|
KUALITAS
|
|
|
|
|
1
|
Persiapan baik
|
|
|
|
|
2
|
Organisasi jelas
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta atau buku
|
|
|
|
|
4
|
Informasi disampaikan dengan jelas
|
|
|
|
|
5
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
6
|
Pernyataan (statement) bersifat persuasif
|
|
|
|
|
B
|
ETIKA
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional
|
|
|
|
|
2
|
Saling mendengarkan dan merespon
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menghina (menyela pembicaraan)
|
|
|
|
|
|
Tidak mendominasi pembicaraan
|
|
|
|
|
|
Secara aktif ikut terlibat
|
|
|
|
|
C
|
LAIN_LAIN
|
|
|
|
|
1
|
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman
|
|
|
|
|
2
|
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang
disampaikan kedua pihak
|
|
|
|
|
|
Jumlah keseluruhan
|
|
|
|
|
Keterangan : skor 4 =baik sekali, skor 3 = Baik, skor 2 :
Cukup, skor 1= kurang
Kriteria :
A (baik sekali) = 45 ke atas , B (baik)
= 30-44 , C (cukup)= 15-29 , D (kurang memenuhi syarat) = <14
Rubrik Penilaian Diskusi (Proses)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
gagasan
|
Kerja sama
|
inisiatif
|
keaktifan
|
kedisiplinan
|
|||||
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor : Kriteria
Nilai
Baik sekali =
4 A = 90 – 100 :
Baik sekali
Baik =
3 B = 70 –
89 : Baik Nilai = __skor
perolehan_ x 100
Cukup =
2 C = 50-69 : Cukup Skor
Maksimal
Kurang =
1 D = <
50 : kurang
Rubrik Penilaian Presentasi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket
|
||
Penampilan
|
Kesesuaian
Substansi
|
Keterampilan menjawab pertanyaan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor : Kriteria
Nilai
Baik sekali =
4 A = 80 – 100 :
Baik sekali
Baik =
3 B = 70 –
79 : Baik Nilai = __skor
perolehan_ x 100
Cukup =
2 C = 60-69 : Cukup Skor
Maksimal
Kurang =
1 D = <
60 : kurang
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
002
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Gabus
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Materi Pokok Tema : Letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia
Waktu : 2 x 40 menit
A. KOMPETENSI
DASAR
1.3 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan
peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4 Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.4 Mengobservasi dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
B. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Siswa
mampu menghargai dan mensyukuri akan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia
2. Siswa
mampu menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi
sosial dalam menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia kepada teman sebaya
3. Siswa
mampu mendeskripsikan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia.
4. Siswa
mampu menyajikan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia dalam bentuk an
tulis.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menghargai dan mensyukuri akan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia
2. Siswa
dapat menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi
sosial dalam menjelaskan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia kepada teman sebaya
3. Siswa
dapat mendeskripsikan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia.
4. Siswa
dapat menyajikan letak wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan alam di Indonesia dalam bentuk an
tulis.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Letak
wilayah dan pengaruhnya bagi keadaan
alam di Indonesia dibedakan menjadi 2 yaitu letak astronomis dan letak
geografis. Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang
dan garis bujurnya. Indonesia secara astromis terletak di 950BT -1410BT
dan 60 LU-110LS. Akibatnya Indonesia beriklim tropis dan
mendapat sinar matahari selama 12 jam berbeda dengan wilayah di daerah lintang
tinggi dan lintang sedang.
Letak
Geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.
Secara geografis Indonesia terletak di antara Samodra Pasifik dan samodra
Hindia dan antara benua Asia dan benua Australia akibatnya Indonesia menjadi
jalur lalu lintas perdagangan dunia, masuknya agama Hindu-Budha, Islam, Kristen
dll, komoditas Indonesia dikenal didunia seperti kayu cendana, pala, lada,
cengkih dan hasil perkebunan. Tetapi juga mendatangkan kerugian seperti budaya
bangsa lain yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia mempengaruhi kehidupan
bangsa seperti pergaulan bebas, kesantunan dan lain-lain.
E. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Penugasan dengan Teknik
STAD
3.
Model Pembelajaran : Project Based Learning /Problem Based Learning Discovery Learning
F. MEDIA
PEMBELAJARAN
Peta
Indonesia, Globe, peta jalur perdagangan di nusantara
G. SUMBER BELAJAR
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Ilmu Pengetahuan
Sosial hal. 1-6, Jakarta : Politehnik
Negeri Media Kreatif
2. Geografi kl 7
3. Tim abdi Guru, 2007, IPS Terpadu halaman ........., Jakarta :
Erlangga
H. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pertemuan 1
Pendahuluan
|
a.
Berdoa, absensi
kehadiran siswa (religius dan disiplin)
b.
Motivasi
(mengungkapkan manfaat mempelajari topik dalam kehidupan)
c.
Apersepsi (Mengkaitkan
topik yang akan dipelajari dengan topik sebelumnya
d.
Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran (rasa ingin tahu)
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa mengamati gambar peta wilayah Indonesia dan globe
2.
Siswa
mendiskusikan garis lintang dan garis
bujur serta menentukan letak astronomis wilayah Indonesia dengan
santun, toleran dan peduli
3.
Siswa dibagi menjadi 8
kelompok untuk berdiskusi tentang :
a.
Perbedaan antara garis
lintang dengan garis bujur
b.
Perbedaan antara letak
geografis dengan letak astronomis
c.
Pengaruh yang
menguntungkan dan merugikan dari letak geografis Indonesia
d.
Pengaruh yang
menguntungkan dan merugikan dari letak
astronomis Indonesia
e.
Proses terjadinya
angin muson barat
f.
Proses terjadinyya
angin muson timur
4.
Pelaksanaan STAD
a. Pelaksanaan diskusi kelompok
b. Pelaksanaan unjuk kerja
presentasi, masing-masing kelompok yang presentasi ditanggapi oleh
kelompok yang lain (percaya diri, kerjasama, toleransi, ingin
tahu)
c. Pelaksanaan konfirmasi dilaksanakan dengan umpan balik berdasarkan
hasil presentasi
|
5 menit
5 menit
20 menit
20 menit
|
Penutup
|
1.
Membuat kesimpulan
tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru
2.
Tes lisan
3.
Melakukan refleksi
atau menggali feedback dari siswa
4.
Menugaskan peserta
didik mengumpulkan hasil presentasi untuk pertemuan berikutnya (PR) (tanggungjawab)
5.
Menutup pelajaran
dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius)
|
10 menit
|
I.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
4. Tes
tertulis
5. Unjuk
kerja
6. Tugas
individu
Mengetahui, Pati,
17 Juli 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran IPS
Budi Kuntjoro,S.Pd Dwiyanto,
S.Pd
NIP. 196011181983031005 NIP.
197005062006041001
Lampiran-lampiran
Lembar
Kegiatan Siswa
Pertemuan pertama
LKS 1 Letak wilayah dan
pengaruhnya bagi keadaan alam di
Indonesia
Bacalah buku siswa hal 7-10
tentang letak wilayah dan pengaruhnya bagi
keadaan alam di Indonesia. Dari pengamatan peta dan globe yang ada di
depan kelas.
Permasalahan diskusi :
-
Perbedaan antara garis
lintang dengan garis bujur
-
Perbedaan antara letak
geografis dengan letak astronomis
-
Pengaruh yang
menguntungkan dan merugikan dari letak geografis Indonesia
-
Pengaruh yang
menguntungkan dan merugikan dari letak
astronomis Indonesia
-
Proses terjadinya angin
muson barat
-
Proses terjadinya angin
muson timur
Gambar
|
Aspek pengamatan dan kerja sama
|
Aspek penjelasan tentang konsep garis lintang dan garis
bujur
|
1. Peta
wilayah Indonesia
|
|
|
2. Globe
|
|
|
LKS 1
Masalah
|
Penguasaan konsep
|
Kerjasama
|
Keuntungan / kerugian
|
Cara presentasi dan pembuatan laporan
|
1. Garis
lintang
|
|
|
|
|
2. Garis
bujur
|
|
|
|
|
3. Letak
astronomis
|
|
|
|
|
4. Letak
geografis
|
|
|
|
|
5. Angin
muson barat
|
|
|
|
|
6. Angin
muson timur
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian diskusi
1. Tema : letak wilayah dan pengaruhnya
bagi keadaan alam di Indonesia
2. Kelompok :
3. Kelas
semester: VII G / semester gasal
Pertemuan : ke-1
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan
penilaian Anda !
No
|
Kategori
|
|
|||
Baik sekali
|
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||
A.
|
KUALITAS
|
|
|
|
|
1
|
Persiapan baik
|
|
|
|
|
2
|
Organisasi jelas
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta atau buku
|
|
|
|
|
4
|
Informasi disampaikan dengan jelas
|
|
|
|
|
5
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
6
|
Pernyataan (statement) bersifat persuasif
|
|
|
|
|
B
|
ETIKA
|
|
|
|
|
1
|
Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional
|
|
|
|
|
2
|
Saling mendengarkan dan merespon
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menghina (menyela pembicaraan)
|
|
|
|
|
|
Tidak mendominasi pembicaraan
|
|
|
|
|
|
Secara aktif ikut terlibat
|
|
|
|
|
C
|
LAIN_LAIN
|
|
|
|
|
1
|
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman
|
|
|
|
|
2
|
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang
disampaikan kedua pihak
|
|
|
|
|
|
Jumlah keseluruhan
|
|
|
|
|
Keterangan : skor 4 =baik sekali, skor 3 = Baik, skor 2 :
Cukup, skor 1= kurang
Kriteria :
A (baik sekali) = 45 ke atas , B (baik)
= 30-44 , C (cukup)= 15-29 , D (kurang memenuhi syarat) = <14
Rubrik Penilaian Diskusi (Proses)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket
|
||||
gagasan
|
Kerja sama
|
inisiatif
|
keaktifan
|
kedisiplinan
|
|||||
|
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor : Kriteria
Nilai
Baik sekali =
4 A = 90 – 100 :
Baik sekali
Baik =
3 B = 70 –
89 : Baik Nilai = __skor
perolehan_ x 100
Cukup =
2 C = 50-69 : Cukup Skor
Maksimal
Kurang =
1 D = <
50 : kurang
Rubrik Penilaian Presentasi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket
|
||
Penampilan
|
KesesuaianSubstansi
|
Keterampilan menjawab pertanyaan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan skor : Kriteria
Nilai
Baik sekali =
4 A = 80 – 100 :
Baik sekali
Baik =
3 B = 70 –
79 : Baik Nilai = __skor
perolehan_ x 100
Cukup =
2 C = 60-69 : Cukup Skor
Maksimal
Kurang =
1 D = <
60 : kurang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar