Rabu, 18 Desember 2013

Ekonomi sebagai landasan Pendidikan suatu konsep pemikiran



Ekonomi < pendidikan
 maka sulit meningkatkan pendidikan karena secara ekonomi tidak mampu ( banyak gedung sekolah rusak, guru gajinya kecil, banyak siswa tidak mampu membayar uang sekolah) maka kualitas pendidikan sulit diwujudkan. Kualitas pendidikan dapat diwujudkan asal para guru dan praktisi pendidikan mau hidup sederhana. Pada situasi ini perjuangan guru yang mau hidup sederhana demi anak-anaknya untuk mencapai kualitasnya agar sukses dalam hidupnya menjadi cita-cita yang ideal.

 Ekonomi > pendidikan
orang  yang punya uang banyak (kaya) dapat memilih sekolah yang faforit walau kenyataanya anaknya kurang mampu dalam prestasi maka ini hanya meningkatkan kuantitas dan kuota sekolah tetapi kualitas manusia terabaikan sebab ada anggapan semua dapat dibeli. Jika ini tidak ditunjang peningkatan kualitas pendidikan maka yang ingin dicapai hanya kuantitas. Yang penting kaya, gurunya glamor, yang penting mengajar, para siswa tidur bagaimana kondisi tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan ?

 Ekonomi = pendidikan
ada keseimbangan jika ingin meningkatkan kualitas maka secara ekonomi perlu ditingkatkan. Jika kualitas pendidikan ingin ditingkatkan maka sarana dan prasarana penunjang juga perlu ditingkatkan. Maka secara ideal peningkatan ekonomi dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan atau sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar