Senin, 04 Agustus 2014

SILABUS IPS KELAS VIII KUR 2013
                                        Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial
                                        Nama Sekolah               : SMP Negeri 1 Gabus Pati  
                                        Kelas /semester            : VIII /Gasal
                                        Tahun Pelajaran            : 2014 / 2015
                                        

KOMPETENSI INTI
KI 1 :  Menghargai dan menghayati ajaran yang dianutnya
KI 2:  Menghargai dan menghayai perilaku jujur disiplin, tanggung jawab, pduli, (toleransi dan gotong royong)
KI3:   Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, koneptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI4:   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, meerangkai,memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
 sumber : Buku siswa, buku guru, KI dan KD kelas VIII kur 2013
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1 Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta kan waktu dengan segala perubahannya

1.2 Menghayati ajaran agama dalam berfikir dan berperila ku sebagai penduduk Indo nesia dengan mempertim bangkan kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik  dalam masyarakat (Ignatius Dwiyanto)

1.3 Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta kan manusia dan lingkungannya












2.1 Menunjukkan perilaku bijak sana dan bertanggung jawab  peduli, santun dan percaya diri se bagaimana ditunjuk kan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gera -kan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan


2.2 Berperilaku jujur,sopan, estetika dan memiliki moti vasi internal ketika berhu bungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik 
2.3 Menunjukkan perilaku  peduli , gotong royong, tanggung jawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup
Pentingnya pemanfaatan waktu





Berpikir dan berperilaku pada kelembagaan sosial, budaya,ekonomi dan politik  dalam masyarakat  berlandaskan iman sebagai wujud syukur pada Tuhan 



Menghargai sesama dan lingkungan hidup sebagai karunia Tuhan















Berperilaku bijaksana dan bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri se bagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan


Berperilaku jujur,sopan, estetika dan memiliki moti vasi internal ketika berhu bungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
 (Ignatius Dwiyanto)

Berperilaku peduli, gotong royong, tang gungjawab dalam berpartisipasi penang gulangan permasalahan lingkungan hidup
Mengamati : orang yang memboroskan waktu dengan melakukan hal-hal yang kurang berguna, berperilaku oportunis, bertindak tanpa berpikir, mengeksploitasi manusia lain dan lingkungan untuk kepentingan sesaat/sendiri
Mempertanyakan : Mengapa manusia berbuat demikian dan tidak takut pada Tuhan yang maha tahu
Mengumpulkan : mencari contoh-contoh orang yang takwa dan orang yang takabur
Menganalisis materi: Membandingkan perbuatan yang baik dan yang buruk
Mengkomunikasikan: menceritakan pengalaman melalui proses mengamati, diskusi dan mengerjakan tugas pribadi/kelompok bila dilandaskan pada kepercayaan dan yang tidak dilandaskan kepercayaan sehingga berpengaruh prestasi,  sesama dan lingkungan sekitar.

  Mengamati : mengamati perilaku tokoh-tokoh pada masa penjajahan dan gerakan kebangsaan melalui situasi budaya, sosial, ekonomi dan politik serta dalam menanggulangi permasalahan lingkungan hidup
Mempertanyakan : bagaimana bangsa yang kaya dan makmur bisa dijajah oleh bangsa Barat
Mengumpulkan : mengumpulkan informasi tentang kekuatan dan kelemahan sikap bangsa Indonesia dalam berhubungan dengan bangsa lain
Menganalisis materi : perbedaan masa penjajahan dan masa kemerdekaan
Mengkomunikasikan : modal perjuangan untuk meraih kemerdekaan dan tanggungjawab untuk melestarikan lingkungan hidup
Penilaian sikap spiritual
Dengan mengisi rubrik penilaian sikap spiritual




































Penilaian sikap jujur dan tanggung jawab dengan mengisi rubrik penilaian sikap

Pengalaman iman
Pengalaman bekerjasama






































Buku siswa, buku IPS BSE, buku sejarah kelas VIII (Erlangga)
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta peru bahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

3.2      Mendeskripsikan ben tuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingku ngan alam, sosial, bu daya, dan ekonomi



4.3 Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinami ka interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar politik (Ignatius Dwiyanto).
Keunggulan lokasi dan kehidupan masyarakat Indonesia
A.  Keunggulan lokasi Indonesia
1.     Keunggulan iklim Indonesia (iklim tropis, iklim muson, iklim laut)
2.     Keunggulan geostrategis di Indonesia
-   Pengertian geostrategis
-   Keuntungan dari letak geografis
-   Kerugian dari letak geografis

 3.     Keunggulan tanah di Indonesia
-   Pengertian letak geologis
-   Keuntungan dan kerugian letak geologis
-   Struktur dan kesuburan tanah
-   Tanah dan jumlah penduduk
-   Jenis-jenis tanah

Mengamati:
• Membaca buku tentang keunggulan lokasi Indonesia dari iklim,geostrategis dan kondisi tanah (Ignatius Dwiyanto)
• Mengamati pembagian iklim ,peta Indonesia yang memperlihatkan letak astronomis, letak geografis,dan letak geologis, struktur tanah. Membaca buku paket /ensiklopedia Indonesia tentang letak wilayah indonesia (berdasar iklim,geografis, geologis/kondisi tanah) dan pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pen didikan, dan politik) dan perubahannya terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan, dan politik..
Mempertanyakan tentang:
• Bagaimana keunggulan iklim Indonesia (tropis, muson, Laut) dan dampaknya terhadap kehidupan  ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan,dan politik.
• Apa pengaruh kondisi geografis terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik)
• Apa pengaruh letak geologis Indonesia  terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan,dan politik.
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data dan informasi lanjutan terkait dengan hasil pengamatan dan pertanyaan tentang materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan dan berbagai media cetak/elektronik.
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang keunggulan iklim, letak geografis, letak geologis serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik), dan pengaruhnya terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan,dan politik
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis keunggulan iklim, letak geografis, letak geologis serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia (sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik), dan pengaruhnya terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, geografi, pendidikan,dan politik melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk laporan tertulis.
Tugas individu:
Mendiskusikan tentang pengaruh keunggulan  lokasi Indonesia seperti keunggulan iklim, geostrategis, dan tanah di Indonesia

Observasi
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi). Portofolio

Menilai tugas-tugas /laporan yang dibuat peserta didik.

Tes (tulis/lisan)
Untuk menilai kemampu an peserta didik dalam memahami konsep.
6 jp


•Peta letak astrono mis  letak geo grafis Indonesia

•buku siswa kelas VIII kur 2013

*Buku IPS untuk SMP /Mts kls VIII BSE

•Buku-buku dan referensi lain yang relevan

• Media cetak /elektronik

•Lingkungan sekitar
3.1      Mendiskripsikan fung si dan peran kelemba gaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat

3.2      Mendeskripsikan ben tuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi ma nusia dengan lingku ngan alam, sosial, bu daya, dan ekonomi

4.2      Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan de ngan fungsi  peran kelemba gaan sosial , budaya, ekono mi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
.
Keunggulan lokasi dan kehidupan masyarakat Indonesia
b.   Pengaruh keunggulan  lokasi terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi
·     Pengaruh keunggulan  lokasi terhadap kegiatan ekonomi
o  pengertian produksi
o  Faktor-faktor produksi
o  Hubungan produksi, distribusi, dan konsumsi
o  Pengertian distribusi
o  Saluran distribusi
o  Tugas distributor
o  Pendistribusian rempah-rempah ke Eropa dan dampaknya
o  Pengertian konsumsi
o  Hubungan konsumsi dengan prioritas kebutuhan
o   hubungan konsumsi dengan status sosial
o  Jenis-jenis kebutuhan
·     Pengaruh keunggulan  lokasi terhadap kegiatan transportasi
oTransportasi darat
oTransportasi laut
oTransportasi udara
oPengelolaan transportasi
oHambatan transportasi
·     Pengaruh keunggulan  lokasi terhadap kegiatan  komunikasi
oKomunikasi tradisional
oKomunikasi modern
oPengelolaan komunikasi
oHambatan komunikasi
Mengamati:
• Mengamati gambar tentang produksi, distribusi, konsumsi, alat-transportasi, alat komunikasi.
• Membaca buku, mengamati gambar/peta tentang perkembangan, hubungan lokasi dengan kegiatan ekonomi, transportasi dan komunikasi dan pengaruhnya terhadap pembentukan kelembagaan sosial, ekonomi, budaya dan politik dalam masyarakat
Mempertanyakan tentang:
• pengertian produksi, distribusi, konsumsi; faktor-faktor produksi, distribusi, konsumsi, kegiatan ekonomi dengan kedatangan bangsa Barat, kegiatan ekonomi dengan interaksi sosial.
• kegiatan transportasi darat, laut, dan udara. Perlunya lembaga dalam transportasi dan permasalahan transportasi terhap kehidupan sosial, ekonomi,  dan politik
·   Kegiatan komunikasi mulai dari perkembangan , pengelolaan dan hambatan serta pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,budaya, ekonomi,dan politik.
Mengumpulkan:
• Menggali informasi dari buku siswa, buku ekonomi, internet, dan sumber-sumber lain yang relevan tentang kegiatan ekonomi, transportasi dan komunikasi yang mempengaruhi bentuk-bentuk dan dinamika masyarakat serta pengaruhnya terhadap pembentukan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di Indonesia.(Ignatius Dwiyanto)
• Mengidentifikasi kegiatan ekonomi, transportasi dan komunikasi yang mempe- ngaruhi bentuk-bentuk dan dinamika masyarakat serta pengaruhnya terhadap pembentukan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di Indonesia
Mengasosiasikan:
• Mendiskusikan kegiatan ekonomi, transportasi dan komunikasi yang mempenga ruhi bentuk-bentuk dan dinamika masyarakat serta pengaruhnya terhadap pembentukan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di Indonesia.
Mengomunikasikan:
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang  kegiatan ekonomi, transportasi dan komunikasi yang mempengaruhi bentuk-bentuk dan dinamika masyarakat serta pengaruhnya terhadap pembentukan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di Indonesia di depan kelas
• Membuat laporan tertulis tentang UMKM di desanya masing-masing secara kelompok sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi.
Tugas individu:
Mendiskusikan tentang pengaruh keunggulan  lokasi terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi.
 Membuat laporan UMKM yang ada di desa tempat tinggal siswa secara berkelompok

Observasi
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan, berdiskusi, presentasi). Portofolio

Menilai tugas-tugas /laporan yang dibuat peserta didik.

Tes (tulis/lisan)
Untuk menilai kemampuan peserta didik dalam memahami konsep.
14 jp

• Gambar kegiatan produksi, konsumsi , distribusi, sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi

• Buku siswa kelas VIII kur 2013

*Buku IPS untuk SMP /MTs kls VII BSE
• Buku-buku dan referen si lain yang relevan
• Media cetak / elektronik
•Gambar-gam bar peningga lan pada masa pra aksara, ke rajaan Hindu Buddha, dan Islam.
3.1.    Mendeskripsikan peruba han masyarakat Indone sia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta peruba han dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik

4.1 Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indone sia pada masa penjajahan dan tum buhnya semangat kebangsa an da lam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidi kan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya


Keunggulan lokasi dan kehidupan masyara kat Indonesia
c.    Pengaruh keunggulan  lokasi terhadap kolonialisme Barat
·     Latar belakang penjajahan bangsa barat
o Daya tarik Indonesia, latar belakang kedatangan, proses kedatangan bangsa Barat
·  Kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
o Proses kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris
o Kondisi sosial, ekonomi, politik saat kedatangan bangsa Barat, terbentuknya VOC
·     Pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia
o P engaruh kebijakan Daendels
o Pengaruh kebijakan  Inggris
o Pengaruh kebijakan sistem tanam paksa
o Pengaruh kebijakan sitem politik liberal dan politik etis
·     Melawan keserakahan penjajah
o Perlawanan-perlawanan terhadap bangsa Barat di Indonesia
o Gerakan sosial melawan kekuasaan bangsa Barat
o Sebab-sebab kegagalan dalam melawan bangsa Barat
Mengamati:
·   Mengamati gambar : keadaan alam Indonesia yang indah, hasil rempah-rempah, peta jalan Daendels, kesengsaraan masa penjajahan, dan tokoh-tokoh perlawanan terhadap bangsa barat
·   Membaca buku paket IPS, IPS BSE kelas VIII, buku sejarah kelas VIII, internet dan sumber lain yang relevan tentang latar belakang penjajahan bangsa barat, kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial , dan perlawanan terhadap kekuasaan Barat di Indonesia.
Mempertanyakan tentang:
·   Latar belakang kedatangan bangsa, kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia, pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia, dan tindakan-tindakan dalam melawan keserakahan penjajah
Mengumpulkan informasi:
Membaca buku teks /referensi atau browsing internet tentang sejarah kedatangan bangsa Barat, pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia, dan tindakan-tindakan dalam melawan keserakahan penjajah  mendapatkan informasi lanjutan
Mengasosiasikan:
Menganalisis informasi dan data yang didapat baik dari bacaan maupun
dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan, melalui penugasan, dan diskusi kelompok
Mengomunikasikan:
Melaporkan hasil analisis  tentang  kedatangan bangsa Barat, pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia, dan tindakan-tindakan dalam melawan keserakahan penjajah melalui kegiatan presentasi di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.
Tugas individu:
Membuat peta konsep tentang pengaruh keung gulan lokasi terhadap kolonialisme Barat.

Observasi:
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan ,berdiskusi, presentasi).

Portofolio:
Menilai tugas-tugas/ laporan yang dibuat peserta didik.

Tes (tulis/lisan):
Untuk menilai kemampu an peserta didik dalam memahami konsep.
14 jp
.
•Gambar keadaan alam Indone sia, rem pah-rempah,peta penjelaja han samo dra,kerja rodi, peta jalan Daen dels, guber nur jenderal Dendels, Raflles, Van den Bosch dan Van de Venter.
* Buku siswa kelas VIII kur 2013
*Buku IPS untuk SMP/ MTs kls VIII BSE
• Buku-buku dan referen si lain yang relevan
• Internet
 Lingkungan sekitar
3.1    Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta peru bahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.2      Mendiskripsikan fung si dan peran kelemba gaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat
4.1 Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan de ngan fungsi  peran kelemba gaan sosial , budaya, ekono mi dan politik di lingku ngan masyarakat sekitar
4.3 Menyajikan hasil penga -matan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar politik.
Dinamika kependudukan dan pembangunan nasional
A.  Jumlah dan pertumbuhan, komposisi, serta persebaran dan migrasi penduduk
·     Jumlah dan pertumbuhan penduduk
o Cara mengetahui jumlah penduduk
o Cara menghitung jumlah penduduk
o Faktor pendorong dan penghambat pertumbuhan penduduk
o Hubungan jumlah penduduk dengan ekonomi
o Kepadatan penduduk
o Membandingkan jumlah penduduk
·     Komposisi penduduk
o Pengertian,
o manfaat data penduduk
o menghitung angka ketergantungan
o membuat dan menjelaskan piramida penduduk
·     Persebaran penduduk dan migrasi
o  Penyebab kepadatan penduduk di Jawa, faktor migrasi, macam-macam migrasi
oTransmigrasi, bentuk-bentuk transmigrasi, penyebab urbanisasi, dampak urbanisasi
Mengamati :
Mengamati  data jumlah dan pertumbuhan penduduk, komposisi penduduk, serta persebaran dan migrasi penduduk dari gambar atau grafik, piramida penduduk, dan peta persebaran penduduk
Mempertanyakan tentang:
Mempertanyakan permasalahan jumlah dan pertumbuhan penduduk,cara membaca komposisi penduduk, penyebab persebaran dan migrasi penduduk di Indonesia
Mengumpulkan data:
Mengumpulkan data kependudukan di desa tempat tinggal siswa, data pertumbuhan penduduk dan komposisi penduduk di Indonesia, dan mencari informasi penyebab persebaran  dan migrasi penduduk di indonesia melalui buku teks, internet, buku siswa, buku IPS BSE, buku geografi kelas VIII
Mengasosiasikan:
Menganalisis data yang didapat untuk mendapatkan kesimpulan.
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah laporan tertulis.
Tugas Kelompok:
Membuat Peta Kepada tan Penduduk Indonesia berdasarkan data dari BPS

Observasi:
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan ,berdiskusi presentasi).

Portofolio:
Menilai tugas-tugas / laporan yang dibuat peserta didik.

Tes (tulis/lisan):
Untuk menilai kemam puan peserta didik dalam memahami konsep.
12 jp
.
• Peta persebaran penduduk, Piramida penduduk, Grafik kependudukan
* Buku siswa kelas VIII kur 2013
• Buku IPS untuk SMP /MTs kls VII BSE

• Buku-buku dan referen si lain yang relevan
• Media cetak /elektronik
• Lingkungan sekitar
3.2Mendiskripsikan fung si dan peran kelemba gaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat

4.1 Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan de ngan fungsi  peran kelembagaan sosial , budaya, ekono mi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar

.
Dinamika kependudukan dan pembangunan nasional
B.   Fungsi dan peran penduduk dalam pembangunan
· Kualitas penduduk
o   Faktor-faktor kualitas penduduk seperti tingkat kemakmuran, pendidikan, dan kesehatan
· Kualitas penduduk dan pergerakan nasional
o   Sifat-sifat perjuangan pergerakan nasional
o   Partindo, Gerindo, Volsraad, petisi Sutarjo dan GAPI
· Penduduk dalam pembangunan nasional
o   Pengertian pembangunan nasional, tujuan pembangunan nasional, modal dasar pembangunan nasional, penghasilan riil perkapita
o   Peranan penduduk  dalam pembangunan danfaktor pembangunan non penduduk
o   Indeks pembangunan manusia, kegunaan, dan IPM Indonesia di dunia dan negara tetangga (ASEAN)
Mengamati :
Mengamati Peta Indonesia, lingkungan alam dan masyarakat sekitar, membaca buku paket/ensiklopedia Indonesia, tentang pengertian dan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

Mempertanyakan tentang:
Contoh bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi yang ada di masyarakat.
Mengumpulkan data:
Mengamati lingkungan sekitar, membaca buku teks/referensi maupun browsing internet untuk menemukan contoh bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi yang ada di masyarakat sekitar.

Mengasosiasikan:
Menganalisis data yang didapat untuk mendapatkan kesimpulan.
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil di depan kelas, tulisan dalam bentuk makalah atau tulisan di majalah dinding sekolah.
Tugas Kelompok:
Mendiskusikan fungsi dan peran penduduk dalam pembangunan seperti kualitas pendu-duk , kualitas penduduk dan pergerakan nasional, dan penduduk dalam pembangunan nasional
Obervasi :
Menilai kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran (pada saat melakukan pengamatan ,berdiskusi presentasi dan penugasan).

Portofolio:
Menilai tugas-tugas / laporan yang dibuat peserta didik.
Tes (tulis/lisan):
Untuk menilai kemampu an peserta didik dalam memahami konsep.
10 jp
.
• gambar manusia berkualitas, peta konsep dan tokoh-tokoh pergerakan nasional
* Buku siswa kelas VIII kur 2013

• Buku IPS untuk SMP /MTs kls VII BSE

• Buku-buku dan refere nsilain yang relevan
• Media cetak /elektronik
• Lingkungan sekitar
                                                       
 Mengetahui                                                            Gabus, 14 Juli 2014
Kepala SMP Negeri 1 Gabus                                             Guru mata Pelajaran


---------------------                                                Ignatius Dwiyanto, S.Pd

NIP.                                                                        NIP. 197005062006041001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar