Minggu, 08 Februari 2015

SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN  SOSIAL

Satuan Pendidikan              :  SMP
Kelas                                      :  VIII
Guru Pengampu                   :  Dwiyanto, S.Pd

Kompetensi Inti
KI 1     :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan  
                lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3     :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya  terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI  4    :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
                menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Instrumen Penilaian
Alok
Waktu
Sumber Belajar
1.1 Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya




1.2 Menghayati ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbang kan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat.
1.3 Menghayati karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.




Bersyukur







Berpikir berlandaskan iman
berperilaku berlandaskan hati nurani




Bersyukur





Perilaku bijaksana,
Bertanggungjawab

,
santun dan
percaya diri



Sikap jujur, sopan, estetika dan termotivasi






Peduli, gotongroyong, tanggungjawab
Mengucapkan rasa syukur atas persiapan dan proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui doa syukur.
Bersemangat dalam  mengikuti proses pembelajaran persiapan dan proklamasi kemerdekaan Indonesia




Mengucapkan rasa syukur atas fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional melalui doa syukur.
Bersemangat dalam  mengikuti proses pembelajaran fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional


Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan dan keberagaman sumber daya alam  melalui doa syukur dan bersemangat dalam  mengikuti proses pembelajaran kegiatan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam


1.Mendengarkan pendapat teman dan menyelesaikan perdebatan dengan langkah yang bijaksana
2. Mengerjakan tugas yang diberikan dengan penuh semangat dan tanggung jawab
3. Membantu teman  yang  kesulitan dalam memahami materi
4. Berpendapat dengan bahasa Indonesia yang baik dan  santun
5.  Bersikap tegas, jelas dan bersemangat dalam  menjawab soal-soal diskusi dalam  kelompok maupun saat presentasi

1. Tidak menyela pembicaraan guru/teman  pada waktu yang tidak tepat serta berbicara dengan tutur kata yang halus.
2.   Mengerjakan tugas yang diberikan dengan penuh semangat dan tepat waktu
3.  Berpartisipasi dan  ikut aktif dalam menjawab soal-soal diskusi dalam  kelompok maupun saat presentasi
4.  Membantu teman  yang  kesulitan dalam memahami materi .

1. Tidak menyela pembicaraan guru/teman  pada waktu yang tidak tepat serta berbicara dengan tutur kata yang halus.
2.   Mengerjakan tugas yang diberikan dengan penuh semangat dan tepat waktu
3.  Berpartisipasi dan  ikut aktif dalam menjawab soal-soal diskusi dalam  kelompok maupun saat presentasi
4.  Membantu teman  yang  kesulitan dalam memahami materi .

menunjukkan sikap bijaksa na dan bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri saat menjelas kan peru bahan masyarakat Indone sia pada masa pendudukan penjajahan dan saat proklamasi kemerdekaan

menunjukkan sikap jujur, sopan, estetika dan termoti vasi saat men jelaskan fung si dan peran kelembagaan dalam menge lola keragama  sosial budaya untuk pembangunan nasional

menunjukkan sikap peduli, gotong royong dan tangg ung jawab  saat menjelaskan fungsi dan peran sumber daya alam  dalam  kehidupan manusia

menunjukkan sikap bijaksa na dan bertanggungjawab, peduli, santun dan percaya diri saat menjelaskan kemerdekaan sebagai modal pembangunan





menunjukkan sikap jujur, sopan, estetika dan termotivasi saat menjelaskan fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional
menunjukan sikap peduli , gotong royong dan tanggu ngjawab saat menjelaskan fungsi dan peran sumber daya alam  dalam  pembangunan nasional









 








Observasi sikap spiritual







Observasi sikap spiritual




Observasi sikap spiritual




Tes sikap, hasil observasi









Tes sikap, hasil observasi





Tes sikap, hasil observasi
2.1 Menunjukkan perilaku bijaksa na dan bertang gung jawab, peduli, san tun dan percaya diri seba gaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa penjaja han dan gerakan kebangsaan dalam menumbuhkan rasa kebangsaan.

2.2 Berperilaku jujur, sopan, estetikadan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.



2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.1 Memahami aspek kerua ngan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
4.1    Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) di lingkungan sekitar.

Permasalahan fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan nasional.
1)  Fungsi dan peran sumber daya alam dalam kehidupan manusia
2)  Fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi
3)  Keunggulan potensi sumber daya alam antar region
4)  Sumber daya alam strategis sebagai  modal dasar pembangunan nasional Indonesia
5)  Prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya alam
6)  Peran kelembagaan dalam pengelolaan sumber daya alam
Mengamati:
Membaca dan menyimak buku teks tentang fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi.
Mempertanyakan:
Berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang fungsi dan peran sumber daya alam dalam  pembangunan nasional
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan pertanyaan dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun  browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber -sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpu lan bagaimana  mempelajari fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan nasional
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan dan tulisan tentang fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan nasional

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi)

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.

28 jp

·  Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·  Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·  Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·  Buku Geografi 1984 kelas VII
·  Referensi lain yang sesuai.
·  Media cetak/ elektronik
3.2     Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
4.2 Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.


Kemerdekaan sebagai  modal pembangunan
1.   Perubahan masyarakat  Indonesia pada masa penja jahan bangsa Barat ( peng gunaan lahan, persebaran penduduk, pengenalan tana man baru dan tambang, transportasi dan komuni kasi  politik, ekonomi, sosial,dan budaya)
2.   Perubahan masyarakat  Indonesia pada masa penja jahan Jepang (poloitik, militer, sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya)
3.   Persiapan  Proklamasi Kemerdekaan RI (pemben tukan PPKI, BPUPKI, peris tiwa Rengasdengklok, peru musan teks proklamasi, per siapan pembacaan teks pro klamasi, pelaksanaan proklamasi, dan penyusunan alat kelengkapan negara
Mengamati:
Membaca buku teks dan mengamati gambar tentang pengaruh kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia, perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik, serta  terbentuknya kesadaran nasional, usaha mempersiapkan kemerdekaan.
Mempertanyakan:
Bertanya dan berdiskusi  tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik, serta peristiwa proklamasi kemerdekaan.
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data terkait dengan pertanya an dan materi yang dipelajarinya baik melalui bacaan-bacaan yang relevan maupun  browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan bagaimana  perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan dan tulisan tentang peruba han masyarakat Indonesia pada masa penjaja han dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik.
Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.


5 mg x 4 jp
18 jp
·  Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·  Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·  Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·  Buku Sejarah Kls VIII tahun 2006
·  Referensi lain yang sesuai.
·  Media cetak/ elektronik
1.3.    Mendiskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat.
4.3.    Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar.

Fungsi dan peran kelembaga an dalam mengelola keragaman sosial budaya untuk pembangunan nasional
1)  Fungsi dan peran lembaga keluarga
2)  Fungsi dan peran lembaga agama
3)  Fungsi dan peran lembaga ekonomi dalam mengelola keragaman sosial budaya
4)  Fungsi dan peran lembaga pendidikan dalam mengelola keragaman sosial budaya
5)  Fungsi dan peran lembaga budaya dalam mengelola keragaman sosial budaya
6)  Fungsi dan peran lembaga politik
7)  Strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar




Mengamati:
· Membaca buku teks dan/referensi lain tentang pengertian, jenis, faktor-faktor penyebab timbulnya penyimpangan sosial, dan fungsi serta peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
· Mengamati lingkungan sekitar tentang fungsi serta peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
Mempertanyakan tentang:
·        Apa fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat?
·        Strategi apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar?
Mengumpulkan:
Mengumpulkan data  tentang fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat dan berbagai strate  gi apa saja yang dapat digunakan untuk meme cahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran ke lembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan  masyarakat sekitar dengan membaca buku teks, dll. yang relevan maupun dengan melakukan browsing internet.
Mengasosiasikan:
Menganalisis  informasi dan data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan kesimpulan.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptualisasi tentang fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyara kat dan berbagai strategi apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi dan  peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat dalam bentuk lisan dan tulisan.

Tugas kelompok:
Membuat kliping tentang bentuk-bentuk akomodasi dan sifat-sifat interaksi sosial di masyarakat, kemudian menganalisis faktor-penyebab timbulnya, dan peran kelembagaan sosial dalam mengatasinya.

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan/komunikasi).

Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tugas Proyek : kondisi sosial budaya sebagai modal dasar pembangunan nasional

Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.

 4 jp

·  Buku IPS untuk SMP/MTs kls VIII BSE
·  Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·  Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·  Referensi lain yang sesuai.
·  Media cetak/ elektronik
1.4. Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.4.   Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
Interaksi  Manusia  dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya, dan Ekonomi.
1)  Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
2)  Permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
3)  Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
4)  Cara mencegah dan mengatasi permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi
5)  Fungsi dan peran  keragaman sosial budaya (suku bangsa, bahasa, budaya, agama) dalam pembangunan
Mengamati:
Membaca buku teks dan/referensi lain yang relevan tentang  bentuk-bentuk interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, perma salahan yang timbul, faktor penyebab timbulnya permasalahan, cara pencegahan, dan cara mengatasinya.
Mempertanyakan tentang:  
· Apa saja permasalahan yang timbul akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, dan ekonomi.
· Faktor penyebab timbulnya permasalahan akibat interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, cara pencegahan, dan mengatasinya.
Mengumpulkan:
Mencari informasi dari lingkungan sekitar/media cetak/ elek tronik tentang berbagai masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.
Mengasosiasikan:
Berdiskusi untuk menganalisis berbagai masalah yang timbu di lingkungan sekitar akibat interaksi manu sia dengan ling kungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, menganalisis fak tor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya.
Mengomunikasikan:
Mengkomunikasikan hasil konseptua lisasi tentang interaksi  manusia  dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam bentuk lisan dan tulisan.
Tugas kelompok:
Mencari informasi dari ling kungan sekitar/media cetak /elektronik tentang masalah yang timbul di lingkungan sekitar akibat interaksi ma nusia dengan lingkungan alam, sosial,budaya,dan eko nomi, menganalisis faktor penyebab timbulnya, cara mencegah dan mengatasinya

Observasi:
Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpul kan data, analisis data dan pembuatan laporan /komunikasi ).
Portofolio:
Menilai laporan yang dibuat peserta didik.
Tes tertulis/lisan:
Menilai kemampuan memahami konsep.
 4 jp


·  Buku IPS untuk SMP/Mts kls VIII BSE
·  Buku IPS untuk Kls VIII SMP Grafindo
·  Buku Panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kls VIII  JP BOOKS
·  Referensi lain yang sesuai.
·  Media cetak/ elektronik
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                          Pati, 6 Januari 2015
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran



Suparkin, S.Pd, M.Si                                                                                                                                                                                                                                 Ignatius Dwiyanto, S.Pd

NIP. 196307141986012003                                                                                                                                                                                                                    NIP. 197005062006041001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar